web space | free hosting | Business WebSite Hosting | Free Website Submission | shopping cart | php hosting
 
   
Pembukaan  
Daftar Isi  
   
Islamic Science History  
Muslim History  
Link to Hidayatullah.com  
Link to Jihad in Chechnya  
   


Tahun-tahun Bersejarah


Tahun 570 M - 632 M
Tahun 632 M - 750 M
Tahun 750 M - 945 M



Tahun-tahun bersejarah dari 570 M - 632 M

570 M

Dikenal sebagai tahun gajah, lahirnya Muhammad, anak dari Abdullah dan Aminah di garis keturunan bani Hasyim bagian dari bangsa Quraysh

595 M

Muhammad menikahi Khadijah seorang janda kaya yang berumur lebih tua beberapa tahun darinya. Beliau mempunyai 4 anak perempuan dari pernikahan itu. Pada masa ini Muhammad mulai dikenal sebagai Al-Amin, yang dipercaya.

610 M

Muhammad SAW menerima wahyu pertama dari Allah SWT ketika berkhalwat di dalam sebuah gua di bukit Hira di luar kota Mekkah melalui Malaikat Jibrail AS. Orang-orang yang pertama menjadi pengikutnya termasuk Khadijah istrinya; 'Ali keponakannya, Abu Bakar bin Quhafa, seorang pedagang dan sahabat yang paling dikasihinya, dan Zaid, anak angkatnya.

613 M

Dakwah pertama yang dilakukan di depan publik. Mengajak penduduk Mekkah untuk meyakini Allah tuhan yang satu dan menerima Muhammad sebagai Rasul Allah yang terakhir. Ketika itu Muhammad SAW berhasil mengajak golongan muda diantara mereka dari suku yang tidak memiliki kekuasaan dan juga para budak.

615 M

Penghijrahan pertama oleh kurang lebih 80 orang Muslim ke Abyssinia untuk mendapatkan keamaan dari penduduk kerajaan Kristen. Sebagian mereka kemudian kembali dan bergabung dengan Muhammad SAW di Madinah.

616 M

Bergabungnya kabilah-kabilah suku Quraysi untuk memboikot Bani Hasyim yang melindungi Muhammad SAW.

619 M

Wafatnya istri Baginda Muhammad SAW, Khadijah yang tidak beberapa lama kemudian diikuti dengan meninggalnya paman yang juga pelindung Beliau, Abu Thalib yang tidak pernah menerima Islam.

620 M

Baginda Muhammad SAW bertemu dengan beberapa orang yang baru masuk Islam dari Yastrib yang menginginkan Beliau untuk menjadi pemimpin mereka di Yastrib (kemudian dikenal sebagai Madinah).

622 M

Nabi Muhammad berpindah ke Yastrib (Madinah). Peristiwa tersebut disebut hijrah dan penanggalan Islam dimulai dari peristiwa ini. Suku Aus dan Khazraj menerima Islam dan berjanji akan melindungi Nabi SAW. Mereka dikenal sebagai kaum Anshor. Orang yang beriman dari Mekkah yang kemudian datang ke Madinah kemudian disebut kaum Muhajirin.Muhammad juga membuat perjanjian dengan suku-suku Yahudi yang tinggal di Yastrib, menjanjikan mereka untuk melaksanakan keyakinan mereka dan sebagai balasannya mereka tidak bersekutu dengan orang-orang musyrik dari Qurays di Mekkah untuk menyerang orang Islam. Segera setelah berpindah ke Madinah, Rasulullah SAW menikahi Sawda, seorang janda, dan 'A'isyah, anak bungsu Abu Bakar ra. 'A'Isyah dikenal pula sebagai yang paling dikasihi olrh Muhammad SAW.

624 M

Perang Badr terjadi dan dimenangi oleh ummat Islam pada bulan Ramadhan, bulan yang sama di mana Al-Qur'an pertama kali diwahyukan. Setelah perang Badr arah kiblat diubah dari Jerusalem ke Ka'bah di Mekkah. Terjadi perselisihan dan perkelahian dengan suku Yahudi, Banu Qaynugah dan mereka mengalami kekalahan dan dipaksa keluar dari Madinah

625 M

  • Rasulullah menikahi Hafsah anak 'Umar bin Al-Khattab.
  • Perang Uhud terjadi melawan musyrikin Mekkah.
  • Fathimah rha. anak Rasulullah SAW dinikahi 'Ali ra. keponakan Rasulullah yang kemudian dikaruniai seorang anak Hasan ra.
  • Orang Yahudi banu Nadir adalah dibuang.
  • RasulullahThe menikahi Zainab binti Jash rha. yang sebelumnya adalah istri kedua dari Zaid bin Haritsah ra. anak angkat Rasulullah SAW.
  • Segera setelah pernikahan itu hukum hijab untuk wanita berlaku.

627 M

  • Perang Khandak terjadi melawan gabungan tentara dari suku-suku musyrik Quraysi dan beberapa suku Yahudi.
  • Orang-orang Yahudi dari Banu Qurayza dikalahkan dan laki-laki dewasanya di eksekusi.

628 M

  • Muhammad SAW bergerak bersama 1000 orang laki-laki untuk menunaikan ibadah Haji ke Mekkah. Akhirnya Beliau SAW menandatangani perjanjian Hudaybiyah dengan orang-orang Mekkah dan pulang ke Madinah.
  • Muhammad SAW mengalahkan orang-orang Yahudi di Khaibar dan telah membiarkan mereka hidup di sana dengan membayar jizya.

629 M

Rasulullah SAW melakukan ibadah Umrah ke Mekkah

630 M

Tentara Muslim menaklukan Mekkah. Bangsa Quraysi menerima Islam. Semua patung dan berhala yang terdapat di Mekkah dihancurkan.

631 M

Tahun pengiriman utusan-utusan dakwah. Suku-suku dari Hujaz dan Najd memeluk Islam.

632 M

  • Bangsa Arab yang belum masuk Islam dilarang untuk mengerjakan Haji
  • Rasulullah SAW mengerjakan fardu hajinya di tahun ini dan dikenal sebagai Haji Wada' atau Haji perpisahan
  • Dalam perjalanan kembali ke Madinah Rasulullah SAW berhenti di Ghadir Khumm, di mana, sebagaimana menurut ahli-ahli sejarah dan budaya, Rasulullah SAW meminta penduduknya untuk mendukung 'Ali ra. sebagaimana mereka membantu Rasulullah SAW. Pernyataan ini dijadikan oleh orang-orang Shi'ah sebagai bukti tanda Rasulullah SAW menginginkan 'Ali ra. menggantikannya nanti.
  • Baginda Muhammad SAW meninggal di rumah 'A'isyah.

kembali ke atas